Thursday 8 October 2009

Meteor Raksasa Muncul di Irlandia!



Kamera keamanan berhasil menangkap munculnya bola api raksasa di angkasa Irlandia. Rekaman itu bisa membantu ilmuwan dalam mempelajari benda angkasa itu yang diperkirakan berjarak 187 mil.

Bola api muncul di Irlandia pakan lalu. Ilmuwan yakin meteor telah jatuh di negara kepulauan itu.

Kepala astronomi Irlandia David Moore mengatakan yakin, bola api besar itu merupakan batu dari luar angkasa yang mendarat di wilayah Irlandia.

Dia meminta warga setempat untuk melapor jika melihat cahaya itu. "Kami meminta orang-orang untuk mengirim penemuannya jadi kami bisa meneliti lintasannya dan mengetahui apakah mendarat di Irlandia,” katanya.

Sejauh ini kebanyakan meteor tidak lebih besar dari butiran kerikil.

Dengan kecepatan 100 ribu mil per jam, benda angkasa bisa terbakar menjadi bola api saat masuk atmosfer bumi.

Jika bola api lebih terang dari bulan purnama, maka sebagian akan selamat mendarat di bumi. Obyek seperti itu biasanya berukuran sebesar apple dan terlihat seperti batu yang meleleh.

Hanya dua meteorit yang ditemukan di wilayah Irlandia selama seabad terakhir. Satu di County Carlow pada 1999 dan yang lain di utara Irlandia pada 1969.

Bola api itu tertangkap kamera pengawas parkir. “Kami perkirakan berasal dari barat. Kami mendapat laporan dari Cork hingga Donegal,” kata Moore.

source

No comments:

Post a Comment