Tuesday 2 November 2010

Tips Sukses Buat Anda (Part 2)

1. Bergabunglah dengan kelompok yang BERMANFAAT dan/atau ciptakan MANFAAT di kelompok Anda!

Siapa teman dekat Anda? Siapa saja kelompok terdekat Anda? Seperti apa para teman ngopi, makan siang, teman dugem, teman curhat, teman ngumpul Anda? Apa yang Anda bicarakan dan lakukan setiap hari dengan mereka? Yang Anda pikirkan dan lakukan sehari-hari di tengah kelompok Anda ini, kecil atau besar, banyak atau sedikit, apabila kelompok ini penting bagi Anda, tanpa Anda sadari, identitas kelompok ini sudah atau akan ter-install ke bawah sadar Anda, dan membentuk pula identitas Anda! Yang berarti apabila kelompok ini setiap hari hanya membicarakan sakit hati, buruknya dunia, tidak adilnya situasi, jeleknya si-A, buruknya si-B, hal-hal yang buruk, dan berbagai hal-hal tidak bermanfaat lainnya, belief-belief dan nilai-nilai kelompok inilah yang akan ter-install ke dalam diri Anda.



Timbanglah kembali identitas kelompok Anda. Apabila Anda bisa menyebutkan identitas kelompok ini dengan satu kalimat, kalimat seperti apakah itu? Apa sajakah yang PENTING di kelompok ini? Apa sajakah belief-belief-nya? Apakah saja hal-hal yang di-DORONG atau di-DUKUNG kelompok ini? Karena saat Anda berada di kelompok ini, hal-hal inilah yang mempengaruhi pikiran dan perilakuAnda. Hal-hal inilah yang juga berkontribusi dalam membentuk identitas diri anda.

Pertanyaannya: apakah kelompok ini MEMBANTU Anda MENCAPAI apa yang Anda INGINKAN? Apakah BERMANFAAT untuk Anda? Apakah benar-benar SESUAI dengan identitas diri Anda dan nilai-nilai hidup Anda? Ataukah hanya sebagai tempat Anda berkumpul semata dan malah membuat Anda semakin menjauh dari yang Anda INGINKAN? Lakukan dua hal ini apabila Anda merasa kelompok ini bukan saja tidak memberikan MANFAAT bagi Anda tapi juga bagi anggota lainnya; DORONG-lah pikiran dan perilaku yang BERMANFAAT di tengah kelompok ini, seperti MEMBANTU anggota kelompok Anda MENCAPAI TUJUAN mereka, atau carilah kelompok yang Anda tahu bisa MEMBANTU Anda MENCAPAI apa yang Anda INGINKAN, atau setidaknya yang dapat MEMBANTU Anda MEMBENTUK identitas diri yang Anda tahu BERMANFAAT untuk mencapai TUJUAN Anda.



2. Mind your relationship! JAGA hubungan Anda dengan pasangan dan keluarga!

Jika Anda ingin tahu seberapa besar pegaruh interaksi Anda dengan pasangan dan keluarga Anda terhadap sikap Anda di luar hubungan tersebut, coba ingat terakhir kali Anda sulit berkonsentrasi setelah pasangan Anda mengucapkan atau melakukan sesuatu yang sangat mengganggu pikiran Anda. Atau sesuatu dilakukan anak Anda, adik Anda, sepupu Anda, atau anggota keluarga yang lain, yang merusak konsentrasi kerja Anda.

JAGA-lah hubungan Anda dengan mereka. Pergunakan satu presuposisi NLP berikut: “Setiap perilaku adalah untuk menambah sumber daya”. Setiap apa yang Anda pikirkan dan lakukan, sebaiknya bertujuan untuk meningkatkan RAPPORT atau HARMONISASI hubungan Anda. Entah dari hal-hal kecil seperti menelepon, menanyakan hari mereka, sampai hal-hal yang signifikan, seperti membicarakan hubungan Anda dengan mereka atau melakukan evaluasi hubungan secara terbuka.

Kadang pasangan tidak setuju dengan keputusan atau perilaku kita, kadang keputusan anak tidak sesuai dengan yang kita inginkan, kadang keputusan pasangan jauh dari yang kita harapkan. So? Itu adalah bagian dari dinamika kehidupan. Kita berbeda karena kita memang punya peta pikiran masing-masing. Dan ini hal yang wajar, karena kita tidak ingin menikah dengan diri sendiri dan melahirkan diri sendiri, bukan?
Saya teringat pesan John C. Maxwell, “Tidak ada hal atau masalah di dunia ini yang cukup pantas diletakkan di atas hubungan Anda dengan keluarga”. Jadi apapun masalahnya, pastikan HARMONISASI dan KOMITMEN hubungan Anda dengan pasangan atau keluarga tetap berada di atas masalah tersebut. Hubungan Anda lebih penting! Bahkan saat Anda merasa bahwa Anda terlalu sulit menerima perlakukan atau kata-kata pasangan atau anggota keluarga yang lain, tetaplah pastikan hubungan Anda tersebut jauh LEBIH PENTING dibanding masalahnya sendiri. JAGA-lah hubungan Anda!

3. Mind your money! JAGA uang Anda!

Salah satu jebakan pikiran dan sikap negatif yang sangat besar pengaruhnya adalah masalah keuangan. Coba ingat kembali saat Anda mengalami masalah keuangan, Anda lebih mudah lepas kendali atas diri Anda, dan lebih mudah berpikir dan bersikap negatif. Anda lebih mudah marah, kesal, frustrasi, tidbisa FOKUS, dan lebih mudah terjebak dalam berbagai pikinegatif. Jadi, jaga uang Anda! RENCANAKAN keuangan Anda dengan baik! DISIPLIN-lah dalam pe-RENCANA-an keuangan! Saat keuangan Anda MANTAP, Anda bisa FOKUS pada hal-hal yang bermanfaat dan berpikir lebih POSITIF. Keuangan yang MANTAP memberikan Anda KEPERCAYAAN DIRI dan PERASAAN BAIK mengenai diri sendiri dan orang sekitar.

Dalam kasus tertentu, uang bisa seperti teman. Kadang bukan soal seberapa banyak yang Anda hasilkan, tapi seberapa banyak yang Anda JAGA. Kadang bukan seberapa tinggi gaji atau penghasilan Anda, tapi seberapa tinggi nilai uang yang tidak keluar dari kantung Anda.

Dengarkan nasihat orang bijak seperti simpan kenaikan gaji Anda, simpan THR Anda, simpan bonus Anda, sisihkan sekian persen setiap bulan, dan lain-lain. Di akhir bulan, bukan hanya soal seberapa banyak uang yang Anda simpan yang penting, tapi juga seberapa baik sikap Anda di tanggal-tanggal tua tersebut! Jadi JAGA uang Anda, dan sikap Anda juga ter-JAGA!

4. JAGA keseimbangan kehidupan spiritual Anda!

Kadang kita memerlukan sebuah KEKUATAN di atas kemampuan kita. Kadang kita memerlukan dukungan sebuah KEKUATAN BESAR yang tidak bisa kita jelaskan. Kadang kita membutuhkan sebuah bentuk KEPERCAYAAN yang membuat kita YAKIN bahwa kita dan orang-orang yang kita sayangi dilindungi dan diberikan KEKUATAN. Kadang kita merasakan kita butuh KEAJAIBAN karena merasa tidak berdaya menghadapi sesuatu. Saat kita kembali merasa sebagamanusia atau saat kerentanan manusiawi kita muncul inilah unsur SPIRITUAL

mengambil kendali. JAGA-lah keseimbangan kehidupan SPIRITUAL Anda, apapun agama dan kepercayaan Anda. JAGA-lah hubungan Anda dengan Sang Pencipta, alam semesbeserta isinya. HORMATI KESEIMBANGAN KEHIDUPAN ini dengan berbagai unsur di dalamnya. Di saat Anda ingin mencapai sesuatu, Anda akan butuh segala DUKUNGAN yang bisa Anda peroleh, dari siapa saja, apapun bentuknya, darimsaja, kapan saja. Kadang, sebuah DOA yang menyertai sikap baru Anda bisamemberikan KEKUATAN yang LUAR BIASA yang tidak bisa anda atau saya jelaskan

No comments:

Post a Comment